Langsung ke konten utama

Bagaimana Anda tahu kalau jari kaki yang patah serius?



Jari kaki yang patah sepertinya merupakan cedera ringan. Namun, itu bisa sangat menyakitkan. Menghentikan jari kaki bahkan dapat menyebabkan patah, terkilir, kuku patah, dan infeksi.

Rasa sakit dari jari kaki yang mati biasanya mereda setelah beberapa menit. Dalam beberapa kasus, bagaimanapun, dampaknya bisa mematahkan jari kaki atau kuku, menyebabkan rasa sakit yang hebat yang bisa memburuk dalam hitungan jam atau hari.

Dalam kebanyakan kasus, orang dapat mengobati cedera di rumah dan pengobatan dapat membantu mengatasi rasa sakit.

Artikel ini membahas gejala-gejala jari kaki yang membandel, bagaimana cara mengetahui apakah jari kaki patah atau terkilir, beberapa perawatan, dan berbagai pengobatan rumahan.

Apa itu ujung jari?

Jempol kaki adalah nama untuk setiap cedera yang terjadi ketika seseorang tiba-tiba memukul atau macet jari kaki mereka.

Beberapa penyebab umum termasuk secara tidak sengaja menendang jari kaki ke dinding atau bingkai pintu, tersandung mainan di lantai, atau menangkap jari di gerbang atau benda lain.

Gejala-gejala jari kaki yang mati pada awalnya serupa, terlepas dari apakah cedera itu serius atau ringan. Mereka termasuk:


  • rasa sakit hebat yang bisa tumpul atau tajam
  • rasa sakit yang menyebar di tempat lain di kaki atau pergelangan kaki
  • rasa sakit saat meletakkan berat badan di daerah yang terluka

Jari kaki yang patah bisa sangat sakit, bahkan ketika cederanya tidak serius. Ini karena ada banyak saraf di kaki, termasuk dua saraf di kedua sisi.

Ada sedikit lemak untuk melindungi jari-jari kaki, yang dapat mengintensifkan rasa sakit dan meningkatkan risiko cedera seperti memar tulang dan patah tulang.

Apakah itu membandel, memar, patah, atau terkilir?

Mungkin sulit untuk mendiagnosis diri sendiri dengan jari yang membandel. Strain, keseleo, memar tulang, dan jari kaki yang patah semua bisa terasa sangat mirip.

Jika gejala tidak membaik setelah beberapa menit, itu mungkin berarti jari kaki patah.

Menghentikan jari kaki dapat menyebabkan beberapa cedera berbeda:

Patah jari kaki atau patah
Jari kaki yang patah atau patah adalah patah pada salah satu dari 14 jari kaki. Ini bisa sangat menyakitkan dan membuatnya sulit untuk berjalan.

Meskipun banyak patah tulang sembuh sendiri, dokter mungkin perlu memperbaiki fraktur parah melalui pembedahan.

Gejala patah jari kaki meliputi:


  • bengkak di sekitar kaki dan kadang-kadang ke kaki
  • perubahan warna, seperti memar hitam atau biru, di sekitar jari kaki
  • perubahan bentuk jari kaki, jika tulang tidak pada tempatnya
  • kesulitan menggerakkan jari kaki
  • rasa sakit yang signifikan saat berjalan atau membebani jari kaki
  • rasa sakit yang memburuk selama beberapa jam
  • hilangnya perasaan di ujung jari kaki
  • tulang yang terlihat menusuk kulit, yang dapat terjadi setelah trauma, seperti menutup jari kaki di pintu yang berat

Gejala memar tulang, regangan, dan keseleo mirip dengan jari kaki yang patah.

Terkilir dan tegang
Keseleo adalah cedera pada ligamen yang menghubungkan tulang-tulang jari kaki. Strain adalah cedera pada otot atau tendon.

Strain dan keseleo ringan mungkin hanya meregangkan ligamen, otot, atau tendon. Namun, cedera yang lebih parah dapat merobek jaringan.

Memar tulang
Memar tulang adalah memar dalam yang melukai pembuluh darah di dalam atau di sekitar tulang.

Mereka bisa sangat menyakitkan, tetapi mereka biasanya akan sembuh dalam beberapa bulan. Memar tulang tidak muncul pada X-ray.

Cedera kuku kaki
Luka pada kuku jari kaki bisa sangat menyakitkan, terutama jika kuku jari kaki patah jauh ke dalam lempeng kuku. Jika lukanya cukup serius hingga berdarah, mungkin menyakitkan untuk berjalan selama beberapa minggu.

Kadang-kadang kuku jari kaki terlepas, baik setelah jari kaki mati atau minggu kemudian.

Orang-orang mungkin memperhatikan luka-luka berikut setelah mematikan jari kaki mereka:


  • kuku yang retak atau patah
  • berdarah di sepanjang tepi, atau di bawah, kuku kaki
  • bengkak atau sakit di bawah kuku jari kaki
  • nanah atau cairan di bawah kuku kaki

Hematoma subungual
Hematoma subungual adalah bercak darah di bawah kuku kaki.

Hematoma parah dapat menyebabkan bercak darah besar dan tekanan yang intens dan menyakitkan. Hematoma, berapapun ukurannya, seringkali menyebabkan kuku jari jatuh.

Diperlukan 6-9 bulan untuk hematoma subungual menghilang.

Infeksi kaki
Jika dampak dari mematikan jari kaki menyebabkan kulit atau kuku rusak, bakteri dapat masuk ke kulit untuk menyebabkan infeksi.

Jika kulit rusak, penting untuk menjaga jari kaki bersih dan tertutup dan ke dokter untuk gejala infeksi. Penderita diabetes atau sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap infeksi kaki dan kaki.

Infeksi kulit sepanjang kuku disebut paronychia.

Gejala jari kaki yang terinfeksi meliputi:


  • kemerahan dan bengkak
  • kelembutan atau rasa sakit
  • cairan atau nanah terkumpul di bawah kulit di sekitar kuku
  • perubahan warna atau penebalan kuku
  • rasa sakit atau gatal di sekitar kuku kaki, bahkan berbulan-bulan setelah cedera

Cara menghilangkan rasa sakit

Setelah mematikan jari kaki, memijat atau mengguncang kaki dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan meningkatkan aliran darah.

Jika cedera lebih serius, sejumlah strategi dapat membantu mengatasi rasa sakit:


  • Cobalah dengan lembut menempelkan jari kaki yang patah ke jari kaki terdekat.
  • Gunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Obat antiinflamasi nonsteroid membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Coba istirahat, lakukan kompres es. Hindari memberi beban pada cedera dan oleskan kompres es selama 10-20 menit setiap kali. Bungkus atau perban area tersebut untuk mengurangi pembengkakan dan angkat kaki di atas jantung saat berbaring atau duduk.
  • Rendam kuku jari kaki yang terluka dalam air hangat atau garam Epsom.
  • Oleskan krim mati rasa atau semprotan ke kuku yang terluka.
  • Jika cedera parah, dokter mungkin menyarankan operasi atau terapi fisik.

Kapan harus ke dokter

Temui dokter jika:


  • jari kakinya sangat bengkak
  • rasa sakitnya sangat parah dan tidak hilang setelah beberapa jam
  • sulit untuk berjalan atau membebani kaki
  • kuku jatuh atau daerah di sekitarnya sangat bengkak
  • ada tanda-tanda infeksi di sekitar kuku kaki, seperti gatal, kemerahan, dan nanah

Pergi ke ruang gawat darurat jika:


  • tulang terlihat
  • jari kaki terlihat bengkok atau cacat
  • kuku yang patah tidak menghentikan pendarahan setelah beberapa menit
  • rasa sakitnya tak tertahankan
  • jari kaki mati rasa, karena ini mengindikasikan cedera saraf


Ringkasan

Jempol kaki bisa sangat menyakitkan. Memijat atau mengguncang area terkadang membantu. Ketika rasa sakit tidak hilang, itu mungkin berarti ada cedera yang lebih serius.

Meskipun banyak cedera kaki sembuh sendiri, perawatan medis yang cepat dapat mempercepat penyembuhan dan membantu dengan rasa sakit.
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code:

QUOTE OF THE DAY:
"BE WORK HONESTLY AND YOU WILL GET PAY"

Postingan populer dari blog ini

Apa Manfaat Benalu Kopi bagi Kesehatan ?

Loranthus parasiticus Merr (L. parasiticus), sering dikenal sebagai benalu tanaman kopi, adalah spesies penting dari tanaman obat yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. The American Journal of Chinese Medicine, sebuah publikasi ilmiah, mengklaim bahwa benalu kopi memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari benalu kopi termasuk neuroprotektif, obat penenang, antikanker, imunomodulator, antivirus, diuretik, dan agen hipotensi. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di sini! Khasiat Kopi Benalu Karena tanaman ini bersifat benalu dan terhubung dengan tanaman kopi, maka tepat disebut kopi benalu. Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang paling banyak menghasilkan benalu kopi. Bisa jadi karena luasnya perkebunan kopi Aceh. Benalu kopi sering digunakan sebagai tanaman kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena memiliki beberapa keunggulan. Apa saja manfaat biji kopi untuk kesehatan? 1. Pencegahan dan Pengobatan Kanker Tanaman k

Berikut ini adalah Penyebab dan Cara Mengobati Pneumonia

Penyakit yang dikenal sebagai pneumonia dapat mempengaruhi satu atau kedua paru-paru, menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada kantung udara paru-paru. Kantung udara kecil di ujung sistem pernapasan berpotensi tersumbat oleh air atau lendir karena pneumonia. Karena itu, pneumonia sering disebut "paru-paru basah". Sebenarnya, apa yang menyebabkan pneumonia dan bagaimana pengobatannya? Yuk, simak detailnya di sini! Penyebab Pneumonia Infeksi bakteri, jamur, atau virus menyebabkan pneumonia, kondisi paru-paru. Streptococcus pneumoniae adalah bentuk paling khas dari bakteri yang menyebabkan pneumonia. Namun, sejumlah faktor tambahan dapat menyebabkan pneumonia: Ragi Pneumonia Sebagian besar kasus pneumonia jenis ini terjadi pada pasien dengan sistem kekebalan yang lebih lemah atau penyakit kronis. Virus Pneumonia Virus yang menyebabkan pilek dan flu juga dapat menyebabkan pneumonia. Balita biasanya merupakan korban paling umum dari jenis pneumonia ini. Pneumonia dengan Aspira

Amish Butter: Scam Legit atau Big Food?

Amish Butter: Scam Legit atau Big Food? Salah satu topik yang sering dibahas di blog ini adalah penipuan pemasaran yang banyak dan terus berubah yang digunakan Big Food untuk mengelabui konsumen agar membeli produk yang difraksionasi, diproses secara berlebihan, ditunggangi oleh GMO, produk yang miskin nutrisi. Mengidentifikasi dan "menjelajahi" tipuan palsu ini mungkin merupakan satu-satunya sumber email "terima kasih" yang paling sering ke kotak masuk Aku dari para pembaca yang, seperti Aku, tidak pernah berhenti kagum pada posisi terendah produsen makanan besar dan bahkan usaha kecil akan memilih untuk menghasilkan uang dengan mudah. Handmade rolled butter atau Amish butter adalah skema terbaru yang perlu diekspos. Dulu kemasan mewah dan ruang rak utama memikat konsumen yang tidak sadar yang paling efektif. Namun belakangan ini, tampaknya cara populer untuk menjual makanan olahan adalah dengan “berpakaian” sehingga produknya menyerupai sesuatu yang dibuat di ruma
Close